Lima Alasan Pentingnya ASI Bagi Si Bayi Selama 2 tahun Masa Menyusui

iklansebelumartikel

           
            Air susu ibu atau yang familiar kita sebut ASI disebut sebagai asupan dengan gizi terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil saat baru dilahirkan. Banyak penelitian yang sudah dilakukan, menjelaskan bahwa ASI memiliki kandungan yang sangat penting bagi perkembangan buah hati, bahkan ASI juga bisa meningkatkan imunitas seorang anak, loh! Maka tidak ada alasan bagi bunda untuk tidak mau menyusui si kecil. Untuk bunda yang tidak lancar ASInya, jangan khawatir dan tidak boleh bersedih ya! Karena banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah ASI, salah satunya dengan mengonsumsi sayur daun katuk atau juga meminum susu bagi ibu menyusui. Lalu sebetulnya seberapa penting ASI bagi si kecil? Kali ini, kita akan bahas apa saja alasan yang menyebutkan bahwa ASI sangat penting bagi si kecil.

            Pertama, ASI mampu melawan berbagai penyakit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ASI mampu meningkatkan daya imun tubuh bagi si kecil. Bahkan penelitian menyebutkan, kandungan yang dimiliki ASI tidak dimiliki oleh susu formula yang paling mahal sekalipun. ASI eksklusif akan mengurangi risiko diare pada anak. Selain itu, dengan ASI si kecil juga akan terhindar dari berbagai macam infeksi, seperti infeksi saluran cerna dan infeksi pada telinga. Kedua, ASI lebih mudah dicerna oleh tubuh si kecil. Hal tersebut dikarenakan ASI memiliki rantai protein yang lebih pendek jika dibandingkan dengan susu formula di pasaran. Sebab sifatnya yang alami jika dibandingkan dengan susu formula, sistem pencernaan si kecil harus beradaptasi lebih keras jika meminum susu formula, sementara ASI bisa langsung dicerna dengan mudah tanpa harus beradaptasi lebih lama.

            Ketiga, ASI mengandung mineral lebih baik. ASI mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan zinc yang dipastikan sangat diperlukan bagi perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Mineral ini juga sangat mendukung dalam penyerapan protein, dengan mengonsumsi ASI maka dipastikan kebutuhan mineral si kecil akan tercukupi dengan baik. Selain itu, ASI juga memiliki takaran kandungan protein yang sesuai yang dibutuhkan oleh si kecil.

            Keempat, ASI mengandung enzim baik. ASI mengandung enzim seperti, lysozyme, lipase, amylase, xanthine oxidase, glutathione peroxidase, dan antiprotase. Enzim lysozyme sangat berperan penting dalam pembentukkan gigi dan produksi air liur si kecil. Ezeim ini juga mampu menyerang bakteri yang bisa merusak karang dan pembentukkan gigi pada anak. Maka dengan ASI ekslusif gigi anak akan kuat dan tumbuh dengan optimal. Enzim selanjutnya yang terkandung pada ASI adalah lipase. Lipase membantu dan menjaga permeabilitas sel optimal, sehingga memungkinkan nutrisi yang diperlukan si kecil akan masuk ke dalam sel dengan lancar, maka metabolisme dalam tubuh si kecil juga akan turut lancar. Enzim ini juga berperan dalam menyeimbangkan eletrolit pada tubuh.

             Kelima, ASI berpengaruh dalam perkembangan aspek kognitif pada anak. Karena alasan inilah, maka anjuran pemberian ASI ekslusif pada anak adalah selama enam bulan penuh tanpa memberikan makanan atau minuman pendamping terlebih dahulu. ASI akan berkeja lebih optimal jika pemberiannya pada anak hingga usia dua tahun, jika sudah lebih dari usia enam bulan, bunda bisa memberikan makanan pendamping ASI, seperti yang terbuat dari buah-buahan ataupun bubur yang sudah tersedia di pasar. ASI ekslusif akan mengoptimalkan kemampuan kognitif yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan ASI.

Itulah lima alasan penting mengapa ASI harus diberikan kepada si kecil, jika bunda memberikan ASI, maka si kecil juga akan tumbuh dengan sehat dan menjadi anak yang cerdas di kemudian hari, ya! Tetap semangat bunda.   




iklansetelahartikel

0 Response to "Lima Alasan Pentingnya ASI Bagi Si Bayi Selama 2 tahun Masa Menyusui"

Post a Comment

Yuk Komen dan Berikan usulan biar web kami terus maju..

Salam memasak!!