Resep Kerupuk Bawang Non Kolestrol ala OmmasakOm

iklansebelumartikel

Resep Kerupuk Bawang Non Kolestrol

Kerupuk adalah satu makanan pelengkap atau bisa di bilang dengan pendamping nasi. Kriuknya membuat makan jadi tambah berselera jika kita mendengarnya, dan orang lain yang mendengar pun kadang ikut ingin mencobanya. Masyarakat Indonesia pun sangat populer dengan makanan ini sampai ada yang bilang makan nasi tanpa kerupuk bagaikan sayur tanpa garam. Memandang dari perkataan tersebut bahwa kerupuk memang menjadi viral dan wajib bagi masyarakat indonesia saat makan nasi. Cara memasak kerupuk ini pun tergolong mudah, biasanya hanya di panaskan di terik matahari agar saat penggorengan bisa mengembang dan hanya di goreng dengan minyak yang banyak. Bahan untuk membuat kerupuk ini sangatlah mudah di dapat, harusnya semua orang bisa membuat kerupuk ini. Akan tetapi prosesnya yang panjang kadangn membuat orang lebih memilih membeli dari pada membuatnya. Bahan dari Kerupuk sebetulnya bukan hanya dengan tepung tapioka saja, ada juga kerupuk berbahan sagu dan berbahan kulit sapi.

Di indonesia kerupuk udang dan kerupuk ikan menjadi kerupuk terpopuler saat ini. Tekstur nya yang garing ini sering ditemukan menjadi pelengkap gado-gado, lothek, nasi goreng, bahkan hampir semua masakan cocok di lengkapi dengan kerupuk. Kerupuk yang di temukan di warung warung biasanya di temukan dalam bungkus yang belum di goreng dan ada juga kemasan yang sudah di goreng, Di kantin-kantin Kampus UNDIP pun banyak sekali menjual kerupuk kemasan yang sudah matang, di sediakan untuk para mahasiswa yang mengekost dan yang tidak kost. tidak hanya di UNDIP tapi di kampus lain saya yakin kantin-kantin di penuhi dengan kerupuk kemasan yang sudah matang. 

Berbicara Jenis Kerupuk sebenarnya kerupuk ada banyak sekali jenis, ada kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk tahu, kerupuk tempe, kerupuk original, kerupuk kulit sapi dan banyak lagi jenis kerupuk. dan kali ini mimin akan membahas gimana sih pembuatan kerupuk bawang non kolestrol ini. Yang gurih enak dan cocok buat jajanan orang diet, karena apa kerupuk ini di masak tidak menggunakan minyak sama sekali. Memang cocok sekali sebutan kerupuk ini dengan non kolestrol, bagi yang suka cemilan akan tetapi takut gemuk kerupuk ini cocok untuk menemani hari-harimu lo ya, yuk langsung saja kita simak resep membuat kerupuk non kolestrol ini, karena ada keunikan dalam proses penggorengan kerupuk ini. 

Bahan-Bahan: 
  1. Garam secukupnya
  2. Bawang 1 kilogram
  3. Tepung Tapioka 4.5 kilogram
  4. Kanji Secukupnya


Peralatan: 
  1. Pisau 
  2. Tampah 
  3. Timbangan
  4. Baskom
  5. Penggiling (Jika Diperlukan)


Baca Juga: 

Cara Membuat: 
  1. Haluskan bawang 1 kg, kemudian campur semua bahandan aduk hingga merata keakar-akarnya dalam tahap ini adonan tidak di campur air dulu dan sisak tepung sedikit untuk mengglong kerupuk nantinya. 
  2. SIapkan Tempat Cetakan dengan size 250 cm x 150 cm dan siapkan air mendidih sekitar  ember. Adonan tepung yang tadi sudah di campur rata kita tuangkan dengan air yang mendidih dan tuangkan dengan cara tuangkan dengan tinggi 1 meter. Tepung yang tadi kental dan yang mengental ini yang akan kita buat menjadi kerupuk. 
  3. Setelah itu kanji yang sudah mengental di campur dengan tepung yang belum di tuang air. buat gelondongan dari bahan gumpalan kanji dan tepung. aduk-aduk hingga mengeras, beberapa waktu kemudian gelondong yang sudah terasa keras, kemudian iruis tipis kgelondonga yang kita gulung tadi hingga banyak. besar kecilnya sesuai selera keinginan masing-masing. 
  4. Tata irisan gelondongan tadi di atas tampah dengan jumlah secukupnya, tutup irisan hingga masak, dan jangan sampai teralu masak karenan hasil kerupuk akan terlihat jelek jika kita menunggunya terlau matang atau mengembang.  karena jika terlalu mengembang akan dapat hasil jelek. 
  5. Setelah proses pematangan rampung dan kita ras acukup pindahkan irisan kita tadi ke dalam tampah atau wadah lain dengan hati hati pemindahanya. 
  6. Proses pembuatanya terakhirnya adalah mengeringkanya hingga kering .
  7. Dan setelah kering siap untuk di goreng dengan pasir
  8. Siapkan pasir sungai dan panas kan dalam wajan, kemudian goreng kerupuk dengan pasir yang panas tadi hingga matang. 
  9. Kerupuk siap di buat cemilak dan di sajikan


Mudah ya membuat kerupuk ini, cocok loh untuk cemilan keluarga yang takut gemuk, apa lagi yang lebih sensitif dengan menjaga kesehatan tubuh karena takut ngemil, karena kandungan lemak pada kerupuk ini sangat minim karena sudah di mimalisir dari cara penggorenganya. Dan yang paling unik dari kerupuk ini adalah memasaknya menggunakan pasir bukan menggunakan minyak goreng. makanan ini cocok sekali. yuk share resep ini dan ajak teman mu untuk mencoba membuatnya, dan beritahukan bahwa kerupuk bawang resep dari ommasakom ini adalah non kolestrol, sehat dan enak. 


iklansetelahartikel

20 Responses to "Resep Kerupuk Bawang Non Kolestrol ala OmmasakOm"

  1. Kayaknya gampang nih buatnya.... non kolestrol pula

    ReplyDelete
  2. cocok banget buat dikasih emak gw nih resepnya hehe

    ReplyDelete
  3. bisa di coba buat anak kos-kosan :D

    ReplyDelete
  4. mantap gan infonya. sekarang uda gak takut lagi buat makan krupu banyak".

    jngan lupa ke blog ane ya. http://sehatitu.com/cara-melatih-otak-kanan-dan-kiri-agar-seimbang/

    ReplyDelete
  5. bagus nih blog, kebetulan gue anak kos, jadi tau cara masak heehehe

    ReplyDelete
  6. Mantap ni Resepnya, Thanks gan langsung praktek~

    ReplyDelete
  7. keliatannya enak tuh, mana kerupuknya non kolestrol lagi, makasih gan resepnya bookmark dulu

    ReplyDelete
  8. keren nih artikelnya membantu banget..apa lagi saya kolesterol hehehe

    ReplyDelete
  9. bikin ah bikin, terus di jual wkwkwkw

    ReplyDelete
  10. wih resep nya lengkap,, suruh emak coba dirumah ah heheh

    ReplyDelete
  11. umm non kolestrol , jadi pingin nih pengen dicoba

    ReplyDelete
  12. terimakasih sudah membagi resepnya...mampir ya sob..http://duniacerita.com

    ReplyDelete

Yuk Komen dan Berikan usulan biar web kami terus maju..

Salam memasak!!