5 Jajanan Wong Deso Favorit Orang Kaya

iklansebelumartikel
5 jajanan wong deso favorit wong kuto orang kaya ommasakom blog
5 Jajanan Wong Deso Favorit Orang kaya
Beberapa hari lalu wong deso menjadi kata paling trend di google di sosmed dan di mesin pencari lainya. wong deso yang kita tahu adalah orang yang bermata pencaharian petani sawah dan tidak tau apa-apa tentang kemajuan zaman modern sekarang. Sebenarnya bukan itu, wong deso saat ini menjadi trending topik karena anak presiden yang koar koar wong deso di youtube. Kaesang lah anak sang presiden yang mengkoar-koarkan hal ini. Memang youtube itu ada hal baik nya untuk memaparkan sebuah perasaan, tapi jika berlebihan akan menyakitkan beberapa pihak. Tapi menurut mimin lambat laun zaman modern akan datang, karena mimin lihat sendiri wong deso sekarang malah lebih maju dari pada orang-orang kota. Karena disaat hasil pertanian mereka laku keras, mereka bisa membeli hal-hal baru seperti apa yang ada dikota, dan akhirnya mereka tidak jadi wong deso, mereka tetap bertani tapi mempunyai jiwa kota. Banyak sekali hasil dari orang-orang desa yang menjadi makanan orang-orang kaya, karena jika tidak ada orang desa siapa yang akan menanam beras? siapa yang akan menanam kopi? iya kan.

banyak yang beranggapan wong deso sebagai masyarakat yang jadul, tapi makanannya saja banyak yang menjadi favorit di kalangan orang kaya. Ini ada Beberpa makanan wong deso yang menjadi favorit orang-orang kaya. Makanan ini dulunya sering kita temukan di desa, akan tetapi sekarang orang kota pun mungkin juga rindu dengan keadaan desanya, terutama makanannya. ya memang ada 5 makanan wong deso yang menurut mimin sampai sekarang masih menjadi favorit dan sering di cari di kalangan orang-orang kaya di kota. mau tahu apa saja si makanan tersebut? dan kenapa bisa masih menjadi favorit untuk orang-orang seperti mereka. padahal mereka sering bilang kalau dengan makanan wong deso itu tidak level. 

Berikut adalah 5 jajanan wong deso yang menjadi favorit orang-orang kaya: 


1. Kue Pukis
Kue pukis adalah khas sekali dari indonesia, kue ini dibuat dari beberapa bahan yang mudah di dapatkan, seperti adonan telur, santan, ragi dan tepung terigu. kue ini dibilang favorit karena empuk murah mudah di buat karena tidak perlu menggunakan oven hanya menggunakan wajan pembentuk saja, sehat dan unik. Banyak sekali variasi dari pukis ini ada pukis pandan, pukis tabur meses, pukis coklat, pukis original dan banyak lagi jenisnya. Orang bilang pukis adalah modifikasi dari kue wafle, menurut mimin memang iya karena bahan-bahannya yang tidak jauh beda hanya berbeda bentuk saja. 

Kenapa pukis dibilang makanan wong deso karena pukis ada sejak kakek neneng mimin ada. memang terlihat alasan yang simpel, karena Sempat beberapa tahun pukis ini susah didapat di kawasan perkotaan. Pukis akhirnya bisa terkenal di kota dan bisa terkenal karena ada seseorag yang membawanya kekota dan menjualnya disana. Yang terjadi adalah pukis menjadi jajanan favorit orang kota karena enak, murah dan tentunya berkualitas. 

2. Kue Gandos
Kue gandos adalah jajanan yang berbahan dasar santan kelapa dan tepung beras, mengunakan perasa garam karena jajanan ini rasanya agak asin dibandingkan manisnya oleh karena itu ada beberapa pembeli yang meminta sedikit taburan gula di atas gandos ini. Jajanan ini enak, gurih dan murah. Cara membuatnya pun mudah, tapi gandos sendiri enak di makan sewaktu hangat karena mimin sendiri merasakan saat gandos dingin seperti rasa gurih dari jajanan ini berkurang. oh ya, dijakarta kue gandos di sebut dengan kue pancong. sedangkan di surabaya atau orang jawa timuran mereka menyebutnya dengan kue rangin. memang kue ini terkenal dan banyak di dapat di kawasan jawa tengah karena memang berasal dari jawa tengah. jajanan ini terkenal karena memiliki citarasa gurih dan tradisional dan tentunya menyehatkan karena bahan-bahan yang mudah ditemukan menurut mimin jajanan ini jarang untuk disalah gunakan bahanya. 


3. Nagasari
Nagasari adalah sebuah kue yang dibalut dengan daun pisang berbahan tepung terigu sagu dan berisikan pisang, santan dan gula. jajanan ini berasal kota jepara, yang sudah mempunyai banyak variasi di antaranya adalah nagasari merah, nagasari putih dan nagasari biru. Pewarnaan kue ini pun menggunakan bahan yang sehat dan buka penggunakan pewarna seperti teres. Makanan ini empuk, di makasaar orang menyebutnya kue roko roko unti. Sampai-sampai orang makkasar sendiri mengklaim bahwa kue ini berasal dari makassar. Kue ini ini unik, dan enak mudah di dapat di pasar-pasar dan mempunyai citarasa tradisional. 


4. Wajik Pandan
Wajik lebih dikenal di jawa tengah, sebenernya jajanan ini adalah khas indonesia. enak dan mempunyai citaras tradisional juga. dan uniknya wajik di jawa tengah sering menjadi seserahan ketika melamar seorang wanita. kue ini empuk barbahan dasar beras ketan, ada beragam warna, wajik coklat, wajik hijau, wajik kuning tergantung selera si pembuat dan permintaan. kadang kue jajanan ini diklaim menjadi milik negara tetangga, entah alasan mereka apa. Tapi terbukti citarasa sesungguhnya kue ini bisa dirasakan saat di indonesia. Kue ini juga mempunyai sebutan yang berbeda-beda disetiap daerah. dan wajik sendiri mempunyai  3 jenis yang berbeda-beda pembuatanya ada wajik ketan, wajik kletik dan wajik bandung. 

5. Jadah Bakar
Jadah bakar lebih terkenal di kota boyolali, kota penghasil susu murni ini ternyata memiliki jajanan yang khas dan patut untuk di coba. diselo tepatnya, kita akan menemukan banyak jadah bakar di angkringan-angkringan ataupun di warteg-warteg khas boyolalinya. Memakan jadah bakar ini sambil melihat keindahan kota susu ini. Cocok sekali untuk makanan santai bersama keluarga teman dan saat nongkrong. 




iklansetelahartikel

14 Responses to "5 Jajanan Wong Deso Favorit Orang Kaya"

  1. ternyata jadah termasuk ya gan. keren. :v

    ReplyDelete
  2. haha.. bener banget.. aku suka sama nasi kucing :D

    ReplyDelete
  3. Gue bukan orang kaya,tapi nagasari emang mantep sih wkwk

    ReplyDelete
  4. nagasari jajanan ane waktu kecil :D

    ReplyDelete
  5. artikelnya keren gannnn , kalo gaada orang susah orang kayapun mau makan apa hehe

    ReplyDelete
  6. Jdi ngiler bg.. Tapi buatnya rumit amet bg

    ReplyDelete
  7. ane suka yang nagasari rasanya emmm enak lahh :D

    ReplyDelete
  8. waduh jadi ngiler nih makanannya enak semua

    ReplyDelete
  9. wah mantap tu, legit. makasih gan infonya :D

    ReplyDelete
  10. Lho, ini jajanan aku suka semua....
    wah, semoga jadi orang kaya juga, wkwkwkw....

    ReplyDelete
  11. nasikucing wkwkw .. emang enak gan

    ReplyDelete

Yuk Komen dan Berikan usulan biar web kami terus maju..

Salam memasak!!